Rabu, 06 Maret 2013

CONTOH LAPORAN HASIL OBSERVASI LAPANGAN PENERAPAN KTSP


LAPORAN
HASIL OBSERVASI DI LAPANGAN
TENTANG PENERAPAN  KTSP DI MTS HASYIM ASY'ARI
KEC, PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA
Laporan ini Di susun
sebagai Hasil Observasi dari tugas yang Diberikan
oleh Dosen Mata Kuliah Pengembangan kurikulum


Di susun Oleh:
Ahmad Abdul Qiso (11410028)
Galih

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
Tahun Akademik :2011-2012







Nama Sekolah             : MTS Hasyim Asy'ari Piyungan
ALamat Sekolah          : Jl. Piyungan Prambanan KM 01, Munggur Srimartani Piyungan Bantul Yogyakarta 55792
NSS/M                                     : 212 304 212 002

Hasil Obsevasi kami ke MTS Hasyim Asy'ari, dalam pembuatan laporan ini, kami menggunakn metode penelitian Studi Pustaka, ( Memperoleh informasi dari Buku), dan dengan metode wawancara, yang nantinya akan coba kami jelaskan sekilas tentang penerapan KTSP di MTS Hayiam Asy'ari di bawah ini. Sudah tentu masih banyak kesalahan dalam penyusunan hasil observasu ini, kami mohon maaf yang sebbesar-besarnya.                     

BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No.20 Tahun 2003 dijelaskannbahwa:
             Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga Negara yang demokratis
nsertanbertanggungnjawab.
Sekarang ini dalam pengembangan kurikulumnya menggunkan KTSP, sistem kurukulm yang di ambil sekarang ini memberikan implikasi terhadap daerah masing-masing untuk mengembnagnkan pendidikan sesuai dengan karakteristik yang dimilkinya. Sekolah lain bisa melaksanakan kurikulumyang sesuai dengan tuntutan minimal yang bersifat nasional, juga diberikan kesempatan untuk mengembangkan kurikulumyang sesuai dengan kebutuhan siswa dan lingkungan dimana sekolah itu berada. Dengan demikaina kan terdapat variasi baik pengelolaan maupun perolehan pendidikan pada masing-masing sekolah.   
B.     Landasan
-          UU NO 20 thn 2003 Tentang SistemPendidikan
-          Peraturan Pemerintah RI NO 19 thn 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan
-          Permen Diknas NO 22 thn 2006 Tentang Standar Isi
-          Pemen Diknas NO 23 thn 2006 Tentang Standar Kompotensi Lulusan (SKL)
-          Dan lain-lain.
C.     Visi dan Misi
-          Visi
Uggul dalam prestasi berdasarkan Imtaq dan Iptek yang berakhlakul karimah
-          Misi
·         Melaksankan pembelajran dan bimbingan secrah afektif agar siswa bwerkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
·         Mendorong dan membantu siswa untuk mengenal potensi dirinya melalui kegiatan Ekstrakulikuler dan keterampilan sehingga dapat dikembangkan secara optimal
·         Menumbuhkan penghayatan terhadap ajaran agama Ahlus Sunnah Waljama'ah
·         Menumguhkan semangat kerja sehingga dapat meningkatkan dalam pemberian pelayanan prima.
·         Melaksanakan budaya bersih sehinggah dapat menumbuhkan kesadaran arti pentingnya kebersihan lingkungan
D.     Program Pendidikan
-          Membina manusia muslim yang tegas kepada Allah SWT, berbudi luhur, cerdas, berpengetahuan luas, cakap, trampil dan bertanggung jawab, berguna bagi agama, nusa dan bangsa.
-          Agar pengaruh pendidikan Islam luas merata dalam kehidupan orang, seseorang, masyarakat dan negara
-          Mempersipkan anak-anak untuk menjadi manusia yang bertakwa, cakap dan trampil.
-          Memajukan dan mengembangkan segala cabang ilmu pengetahuan, yang diperlukan bagi kemajuan Nusa dan Bangsa.
-          Memajukan dan mengembangkan kebudayaan yang baik ,terutama kebudayaan Indonesia yang tidak bertentangan dengan Islam
-          Membendung serta menolak kebudayaan yang membahayakan akhlak dan kepribadian Indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN

A.     Penegertian KTSP adalah suatu cara penerapan Kurikulum, atau sebuah racangan pembelajaran. Yang menitik tekankan pada perkembangan karakter pada diri peserta didik.
B.     Prinsip Pengembangan Kurikulum
1.      Berpusat pada potensi perkembangan kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkungan.
2.      Beragam dan berpadu
3.      Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4.      Relevan dengan kebtuha hidup
5.      Menyeluruh dan berkesinambungan
6.      Belajar sepanjang hayat
7.      Seimbang antar kepentingan nasional dan kepentingan daerah
C.     Struktur Kurikulum
1.      Kurikulum Mts Hasyim Asy'ari Piyungan memuat 17 mata pelajaran, Muatan local dan pengembagangan diri.
2.      Subtansi mata pelajaran IPA dan IPS pada Mts Hasyim Asy'ari Piyungan merupakan IPA Fisika dan Biologi dan IPS sejarah, Geogarfi dan Ekonomi.
3.      Jam pelajaran untuk setiap mata pelajaran dialokasikan sebagaimana tertera dalam tabel. Kurikulum satuan pendidikan dimungkinkan menambah maksimal empat mata pembelajaran perminggu secara keseluruhan.
4.      Alokasi wakatu untuk satu jam pembelajran 40 menit
5.      Minggu afektif dalam satu tahun pelajaran (dua semester) adalah 45-50 minggu.
D.     Pelajaran MTS Hsyim Asy'ari yang di Targetkan untuk di internalisasi oleh siswa
1.      Nilai karekter dalam hubungannya dengan Allah SWT.
a.       Relegius
2.      Nilai karekter dalam hugungannya dengan diri sendiri
a.       Jujur
b.      Tanggung Jawab
c.       Bergaya hidup sehat
d.      Disipiln
e.       Kerja keras
f.       Percaya pada diri sendiri
g.       Berjiwa wira usaha
h.      Berfikir logis, kritis, kreatif dan inovatif
i.         Mandiri, ingin tahu dan cinta ilmu
3.      Nilai karekter dalam hubungan dengan sesame
a.       Sadar akan hak dan kewajiban diri dan orang lain
b.      Patuh pada aturan-aturan sosial
c.       Menghargai karya dan prestasi orang lain
d.      Santun
e.       Demokratis
4.      Nilai kareker dalam hubungannya dengan lingkungan
a.       Peduli sosial dan lingkungan
5.      Nilai karekter dalm kebangsaan
a.       Nasionalis
b.      Menghargai kebangsaan
E.      Mata pelajaran di MTS Hasyim Asy'ari Piyungan
Komponen:                                                         KKM :
A.     Mata Pelajaran                                       kelas VII                    kelas VIII         kelas IX
1.      Pendidikan Agama Islam                           75                    75                    75
a.       Qur'an Hadits                                       75                    75                    75
b.      Aqidah Akhlaq                                    75                    75                    75
c.       Fiqh                                                     75                    75                    75
d.      Sejarah kebeudayaan Islam                  75                    75                    75
e.       Bahasa Arab                                         75                    75                    75
f.       Aswaja                                                  75                    75                    75
2.      Pendidikan Kewarganegaraan                     75                    75                    75
3.      Bahasa Indonesia                                         75                    75                    75
4.      Bahasa Inggris                                              75                    75                    75
5.      Matematika                                                   75                    75                    75
6.      IPA                                                               75                    75                    75
7.      IPS                                                               70                    70                    70
a.       Ekonomi                                               70                    70                    70
b.      Sejarah                                                  70                    70                    70
c.       Geogarafi                                              70                    70                    70
8.      Seni Budaya                                                70                    70                    70
9.      Pendidikan Jasmani, Olah raga
dan Kesehatan                                            70                    70                    70
10.  TIK                                                             75                    75                    75
B.     Muatan Lokal
1.      Bahasa Jawa                                             70                    70                    70
2.      Keterampilan                                             70                    70                    70

BAB III
WAWANCARA

1.      Pertanyaan : Pak, Menurut berita yang kami terima, dalam perealisasiian KTSP itu masa mengalami hambatan bererti KTSP ini belum teralisasi secara menyeluruh. Jadi bagaimana sekolah ini menerapakn KTSP ini, Pak?
Jawaban : kalau KTSP itukan di sesuaikan dengan masing-masig sekolah, misalnya Mulok Bahasa Jawa untuk daerah jawa saja, bisa juga sesuatu yang menjadi unggulan di daerah masing-masing sekolah tersebut, misalnya dengan mengangkat sesuatu kebudayaan disana seperti bahsa jawa, batik dan sebagainya. KTSP ini juga bisa di kembangkan dengan lingkungan, tetapi nanti harus terintegrasi dengan SKKD dan RPP misalnya Ekonmi kita kaitkan dengan lingkungan, atau sekarang ini di kenal pola ADILIATA, yaitu pola yang mengembangkan lingkungan, jadi masing-masing sekolah jika menganngkat pola ADILIATA ini, maka KTSP mulai buku satu dan dua harus di ubah, tetapi pada dasarnya pokoknya itu sama Cuma berbeda dalam pengembangannya saja yang berbeda. Dan ketika akan membuat RPP, maka harus mengacu pada kedua buku tadi.
2.      Pertanyaan : perbedaan sekolah ini dengan sekolah-sekolah lain dalam pengembangan Kurikulum ini seperti apa, Pak?
Jawaban : jumlah perminggu aja kita sudah berbeda, dalam satu minggu itu pelajaran PAI iti sampai 6 mata pelajaran, dalam perminggu itu mempunyai sampai 50 jam normal jadi pulahnya sekolah itu bisa sampai setengah 2 an. Sedangkan kalau di SMP hanya 36-38 jam dalam perminggu.
3.      Pertanyaan : apakah perbedaan pengembangan kurikulum sekarang dengan sebelum penggunaan KTSP seperti sekarang ini, Pak?
Jawaban : kalau dulukan memakai KTK, ini merupakan salah satu sistem yang gagal, karena ketika suatu kelompok atau orang belum mengetahui kerangka kurikulum, ternyata kurikulumnya sudah  diganti, karena itu merupakan kebijakan pemerintah. Sedangkan kalau KTSP itu lebih lengkap, dan yang paling diutamkan itu adalah pendidikan karekter, jadi yang sangat di utamkan itu adalah pengembangan jati diri siswa itu sendiri.
4.      Pertanyaan : bagaimana dalam pengembangan kurikulm sekolah ini, agar supaya dapat bersaing kuat dengan SMP dan sederajatnya itu, Pak?
Jawaban : sekolah ini juga perlu di pertimbngkan, karena lulusan dari sini sudah banyak mendapat beasiswa sampai Kuliah. Dan terutama kami itu sudah unggul di bidang agama, dan kami juga di mata pelajaran yang 4 mabel dalam perminggu itu mempunyai 6 jam setiap mata pelajarannya dan juga ditambah dengan les.
5.      Pertanyaan : Apa kendala dalam pebuatan KKM itu, pak?
Jawaban : salah satunya ya, ketika guru menetapkan KKM, dan ternyata banyak siswa yang tidak dapat mencapai standar KKM tersebut, maka guru harus berkerja keras agar supaya anak tersebut dapat mencapai standar nilai tersebut, ini bisa dilakukan dengan remedial, dan remedial itu tidak ada batanya sampai siswa dapat mencapai nilai standar KKM, intinya samapi kapan saja melakukan remedial itu sampai tuntas.
6.      Pertanyaan : bagaiman pengawasan dalam perealisasian kurikulum ini, pak?
Jawaban : biasanya ada pengawasan dari Diknas juga tentang penerapan kurikulum ini, nanti dia mengawasi tentang rencana proses penbelajran yang tercantum dalam KTSP itu, apakah yang kira tidak terlaksana dan sebgainya. Atau juga biasanyakan di dalam sekolah itu ada guru senior, jadi guru senior ini mengawasi kinerja guru-guru yang masih dibawahnya atau yang belum  dan dalam proses sertifikasi.








BB.B


sfefe
.n







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar