Senin, 26 November 2012

Mnenela'a isi kandungan surat al-'asr (Kunci kesuksesan)




"Setiap manusia itu semuanya mempunyai kesemptan untuk menjadi sukses, tinggal bagaimana usaha yang ia lakukan. setiap manusia mempunyai waktu yang sama yang telah di karuniai Sang Khalik yaitu 24 jam dalam satu hari. tetapi tidak semua orang memanfaatkanya dengan sebaik-baiknya. padahal kita hidup di dunia ini hanya sebentar, tetapi mengapa kita tidak memanfaatkanya untuk meraih kesuksesan.

apabila sesorang itu dapat memenejemen waktunya sebaik-baiknya maka kesuksesan akan menemuinya, walaupun dalam prosesnya pasti menemui kegagalan, namun harus kita ingta bahwa "Kegagalan adalah awal dari kesukesesan". jadi sekali kita mencoba dan itu belum berhasil maka kita harus mencobanya lagi, karena segala sesuatu yang kita ingin capai itu tanpa diringi dengan kesungguhan dan berulang-ulang maka tidak akan mungkin tercapai.




Dalam surat al-'asr dijelaskan tentang pemanfaatan waktu yang telah diberikan Allah kepada kita. surat ini diawali dengan suatu sumpah Allah yaitu: WAL "ASR "Demi Masa/waktu a'sr". surat ini turun karena pada  saat itu banyak orang yang berkumpul ketika waktu 'asr, ketika waktu itu banyak terjadi perselisiahan dan pertikaian. bahkan ada sebagian orang pada saat itu mengatakan bahwa 'asr adalah waktu yang tidak baik atau celaka, karena banyak mendatangkatan masalah. Dan untuk menghapus keyakinan itu, maka Allah menurunkan ayat ini supaya memperingatkan mereka, bahwa waktu 'asr memang waktu yang merugikan bagi orang yang tidak bisa memanfaatkannya, tetapi jika orang bisa mengisinya dengan sesuatu kebaikan maka dia itu termasuk orang yang beruntung. sebagaimana dijelaskan dalam ayat selanjutnya "Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian. kecuali orang yang beriman dan mengerjakan amal soleh dan nasehat-menasehati dalam melakukan kebenaran dan sehat menasehati dalam kesabaran.     


Dari surat al-'asr bahwa telah jelas bahwa setiap manusia itu merugi, kecuali orang-orang bisa menggunakan waktunya untuk suatu kebaikan. begitu besar manfaat dan mau'izdoh surat ini apabila kita bisa mengamalkanya dalam keseharian kita, bahkan Imam Syafei mengatakan "Bahwa cukuplah surat al-'asr yang diturunkan Allah, apabila manusia dapat mengamalkan dan mengaktualisasikan isi kandungan surat tersebut". dan surat ini juga ketika pada masa Nabi/Sahabat sering dibaca ketika mengakhiri suatu majelis, karena dalam surat ini tersimpan begitu besar makna yang terkandung.                                                                        

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar